Interview

Kualitas interview tidak dapat diperkirakan dan hasil interview adalah abstrak

Ada fenomena lucu setiap kali saya dipanggil interview yaitu tidak dipanggil untuk interview selanjutnya. Saya tidak akan mungkin pernah tahu mengapa saya tidak dipanggil lagi. Seharusnya semua perusahaan itu terbuka terhadap hasil tes masuk karyawan. Sehingga, setiap calon karyawan yang gagal tes dapat mengetahui kekurangan dirinya dan dapat memperbaikinya di tes masuk perusahaan lainnya atau selanjutnya.

Tahap interview selanjutnya hanya saya rasakan pada 2 perusahaan berbeda. Melalui 2 interview tersebut, saya mencoba mencari tahu hal apa saja yang membuat saya lolos. Ternyata, sama saja, tidak ada yang berbeda. Setiap pertanyaan yang diberikan saat interview hampir sama dan saya pun selalu menjawab dengan jawaban yang sama. Jadi, apa yang membuat saya lolos ke interview selanjutnya di 2 perusahaan tersebut? Saya tidak tahu.

Untuk meningkatkan kemampuan saat interview, saya mengikuti seminar “7 Rahasia Sukses Menghadapi Wawancara” yang diadakan oleh panitia JobFair Universitas Indonesia pada bulan Oktober 2011. Pembicara dari seminar tersebut adalah Ibu Dra. Wita Rifol, Psi (No. Ijin Praktek: 01/IP: 05-01/2099) dan Bapak Drs. Winarto WD, Psi.

Agar semua calon karyawan dapat lolos dengan mudah ke interview selanjutnya, saya akan share disini materi dari seminar tersebut. Semoga bermanfaat, yaa..

 

7 Rahasia Sukses Menghadapi Wawancara

Kita harus mengetahui 5W+1H dari interview, dijelaskan sebagai berikut:

WHAT             : Wawancara/Interview

WHO               : Kita (calon karyawan)

WHY               : Interview adalah cara subyektif falam mengenal kandidat secara totalitas dalam waktu singkat. Pada dasarnya, interview adalah ‘alat’ untuk mencari the right man in the right place.

WHERE           : Maksudnya adalah ‘letak’ interview dalam proses untuk seleksi karyawan. Tahap interview berbeda di setiap perusahaan tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut.

WHEN             : Perusahaan mengadakan kegiatan interview saat mereka butuh karyawan baru. Kebutuhan untuk karyawan baru biasanya karena adanya perubahan atau keinginan untuk tumbuh.

HOW               : Inilah ‘7 rahasia’ agar dapat lolos dengan baik dalam setiap tahap interview,

  1. Persiapan. Setelah mendapat kepastian untuk mengikuti interview, kita harus memiliki persiapan yang matang dalam menghadapinya
  2. Tampil dengan busana yang sesuai
  3. Berikan kesan pertama yang mengagumkan
  4. Jaga sikap, perhatikan etika dan tunjukan kepribadian terbaik
  5. Optimalkan aspek intelektual atau pendidikan
  6. Hindari sikap non-verbal yang tidak perlu atau secara tidak sadar kita lakukan
  7. Perhatikan aspek lain yang mungkin dapat meningkatkan kesuksesan kita dalam interview, seperti kualifikasi mental, berpikir positif, orientasi ke masa depan dan kemampuan mengungkapkan ide

Setelah mengetahui 5W+1H dari interview, kita harus menyadari kenyataan pasti bahwa sebenarnya interview sangat bersifat subyektif, tidak ada standard yang baku dan faktor pribadi interviewer (pewawancara) sering mempengaruhi proses juga hasil dari interview. Singkatnya waktu interview membuat kita dituntut untuk memberikan yang terbaik dan seakan bermain adu peran.

Pernyataan yang menyebutkan bahwa interview sudah dipersipakan dengan baik, interviewer (pewawancara) pasti melemparkan pertanyaan yang sesuai dengan lingkup kerja dan hanya pelamar yang qualified yang akan lolos hanyalah mitos belaka.

Kesimpulannya adalah kualitas interview tidak dapat diperkirakan dan hasil interview adalah abstrak. Semuanya harus kita jalani semaksimal mungkin dan selanjutnya kita tinggal berharap hasil yang terbaik. Lanjut atau tidak ke tahap selanjutnya bukanlah patokan bahwa kita sukses atau tidak. Jadilah diri sendiri dan berjuanglah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s