Most Thankful in 2011

Hidup ini kita sendiri yang menjalani dan merasakan, tentukan pilihan hidupmu dan berjuanglah untuk mencapainya. Biarkan saja orang berkata apa.

Banyak hal yang patut disyukuri terjadi di tahun 2011 ini. Tetapi, sebelumnya, saya ingin mengucap syukur sebanyak-banyaknya dan sebesar-besarnya kepada Allah SWT karena telah memberi kesempatan kepada saya untuk bisa pergi, menjelajahi dan mendapat banyak pengalaman di Jerman pada tahun 2010. Secara official, saya belum sempat mengucap syukur atas kesempatan besar yang diberikan Allah SWT tersebut. Pada tahun 2010, bulan Februari sampai dengan Agustus, saya mendapat kesempatan untuk tinggal di Jerman. Dengan segala kelebihan, kekurangan, kegembiraan, kesedihan dan berbagai pengalaman lainnya, saya merasa sangat bersyukur. Terima kasih, Allah SWT.

Pada tahun 2011 ini saya mendapat satu nikmat terbesar, yaitu Wisuda. Alhamdulillah saya telah wisuda dan lulus menjadi seorang Sarjana. Kebahagiaan ini tidak dapat dibeli dan dibayangkan. Pencapaian ini pun tak lepas dari do’a orang tua saya, para eyang dan saudara, teman-teman dan tentunya juga ridho Allah SWT.

Tahun 2011 juga memberikan banyak pembelajaran dalam hidup saya. Pertama kalinya, saya begitu serius merencanakan hidup dan membuat banyak list untuk mencapainya. Sejak dahulu, saya lebih suka bermotto, “Go with the flow“ tetapi di tahun 2011 ini saya mencoba untuk berani berencana. Saya mencoba untuk belajar memiliki keyakinan kuat dan percaya pada diri sendiri. Pendapat orang lain bukan lagi masukan utama, pendapat tersebut hanya berupa data yang baiknya saya pertimbangkan untuk mencapai rencana saya.

Sejak sekolah dasar saya sudah bercita-cita untuk memiliki buku dan tahun 2011 memberi saya jawaban itu. Meskipun bukan buku saya sendiri melainkan buku kompilasi bersama banyak penulis lain dengan tema tertentu, saya sudah merasa sangat bahagia. Saya mendapat kesempatan untuk menjadi salah satu penulis di buku Kumpulan Puisi karya Mahasiswa Swiss German University, Hijab Stories dan juga lolos untuk dapat menerbitkan empat buku dalam rangka ulang tahun nulisbuku.com dalam #11projects11days. Buku-buku tersebut menjadi pembangkit semangat saya untuk dapat terus tekun, serius dan yakin dalam menyelesaikan buku hasil karya saya sendiri.

Dan, berlalu sudah tahun 2011 ini. Berbagai macam kejadian, pembelajaran, pencapaian hingga berbagai seminar dan juga Wisuda memberikan pengalaman yang berarti bagi saya. Semoga tahun 2012 ini memberikan kesempatan kepada saya untuk memenuhi semua rencana dan banyak memberikan pengalaman menyenangkan. Sehingga, pada akhirnya, saya berani untuk mengatakan bahwa “Hidup ini kita sendiri yang menjalani dan merasakan, tentukan pilihan hidupmu dan berjuanglah untuk mencapainya. Biarkan saja orang berkata apa.“

 

Bismillahhirrahmannirrahim…

Leave a Reply

