Trauma Job Fair

Job fair itu sesuatu banget!

Satu kata untuk job fair, sesuatu. Job fair itu sesuatu banget!

Mengikuti job fair sangat membuka mata saya bahwa para pelamar kerja di Indonesia ini banyak banget. Sangat banyak. Luar biasa banyak. Tempat sebesar dan seukuran Hall ataupun tempat pameran rasanya masih kurang untuk menampung para pelamar kerja yang mencari pekerjaan.

Para pelamar kerja tersebut bukan hanya yang pengangguran ataupun fresh graduate saja tetapi juga para pekerja yang sudah memiliki pekerjaan. Mereka semua datang, tumpah ruah di satu ruangan. Dengan semangat yang seakan-akan sama, berdesak-desakan pun bukan menjadi halangan.

Satu job fair yang pertama kali saya datangi, hanya menyisakan lelah. Capek banget… tetapi bukan berarti saya menyerah. Saya masih berjuang untuk datang ke job fair lainnya. Setelah job fair kedua ini, saya menyerah. Saya lebih memilih untuk apply via internet, website dan email saja daripada harus merasakan job fair lagi. Jujur, rasanya saya sudah tidak sanggup.

Ternyata bukan hanya saya saja yang trauma dengan job fair, banyak teman-teman lain yang merasakan hal serupa. Terlalu berdesak-desakan dan capek setengah mati adalah alasan utama. Alasan selanjutnya adalah perusahaan yang mengikuti job fair kebanyakan bukan menjadi incaran kami sehingga ekspektasi kami pada job fair pun menurun drastis.

Sudahlah, biarkan job fair dengan cara dan kebiasaannya. Biarkan kami memilih cara dan jalan kami sendiri dalam mencari kerja. Good bye, Job Fair!

2 thoughts on “Trauma Job Fair

  1. Ada baiknya sebelum berburu kerjaan, tanyakan dulu pada dirimu, ”apa yang aku cari?” ”mengapa aku harus bekerja?” , ”apa yang harus aku lakukan?” dst….tentang karier aku mengusulkan banget, kamu semua yang mau cari kerjaan baca bukunya Rene Suhardono, dan temukan passionmu dari awal, hingga kamu dapatkan nanti pekerjaan yang memang jadi bagian hidupmu yang kamu inginkan…..ringkasannya aku taruh di sini: http://sekonugroho.com/?p=111

    • Bener, Pak. Itu buku bagus. Setelah selesai share artikel yang saya punya, saya akan review buku-buku penunjangnya juga disini..
      Mohon bantuan share ke teman-teman yang punya masalah serupa, terima kasih..

Leave a Reply

