Diantara 2 Pilihan

Apa sajakah alasan yang kamu miliki untuk memilih bekerja di suatu perusahaan?

Saya merasa lucu sendiri mendengar curahan hati seorang teman yang galau memilih untuk bekerja diantara 2 perusahaan besar. Dia bertanya, “Gw pilih yang mana, ya?”

Sebagai teman yang baik, tentu saya berusaha seobyektif mungkin dalam memberikan sisi positif dan negative jika bekerja di 2 perusahaan besar tersebut. Tetapi, setiap saya mengeluarkan pilihan untuk dipertimbangkan, dia selaluuu… saja ada jawabannya. Pada akhirnya pun dia tetap bimbang. Ga ada gunanya daritadi saya ngoceh. Toh dia tetap pada pendiriannya untuk bimbang.

Melihat pengalaman teman saya tersebut juga pengalaman saya dalam mencari pekerjaan, saya menyimpulkan beberapa hal. Biasanya para pelamar kerja memilih untuk bekerja di suatu perusahaan karena beberapa alasan berikut ini:

  1. Prestige : Bekerja di perusahaan besar membuat kita mudah untuk menjelaskannya kepada orang lain selain keren tentunya. Ketika orang  bertanya, “Kerja dimana?” dan kita menjawab, “BMW”, pasti mereka langsung terkesima, takjub, de el el yang terkesan kaget. Nah, efek inilah yang dicari dan diharapkan setiap pelamar kerja dalam setiap aplikasinya ke perusahaan besar.
  2. Gaji : Tidak usah sok idealis, gaji pasti menempati urutan-urutan teratas dalam setiap pemilihan tempat bekerja baik dari sisi posotif maupun negatifnya. Meskipun tidak dapat dipungkiri juga bahwa terkadang gaji menjadi tidak penting jika pelamar kerja memiliki kepuasan lain yang bisa didapatkan dari perusahaan.
  3. Lokasi : Sebagaimana diketahui sejak SD bahwa kebutuhan manusia adalah pangan, sandang dan papan. Begitu pangan dan sandang telah terpenuhi, pelamar kerja pun mencari papan. Jika lokasi dekat rumah, mudah dijangkau alat transportasi dan semua biaya tersebut masih dapat dipenuhi oleh gaji, maka semua aman. Lalu, bagaimana jika penempatan di luar kota ataupun dinas? Pasti pelamar kerja akan mencoba untuk meminta tempat tinggal dan biaya tambahan lainnya. Tingkat kenyamanan lokasi tempat kerja dan tempat tinggal sebenarnya sangat berpengaruh pada kedisiplinan dan hasil kerja. Meskipun dapat diminimalisasi dengan semangat kerja yang menggebu, factor lokasi ini adalah salah satu alasan penting yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.
  4. Lingkungan Kerja : Siapapun ingin berada di lingkungan yang enak, baik dan nyaman. Tak terkecuali para pelamar kerja, terutama para fresh graduate yang belum ada pengalaman bekerja. Keinginan untuk belajar dan mendapat pengalaman berharga akan sangat terdukung oleh lingkungan kerja yang baik. Sehingga, faktor lingkungan kerja pun menjadi sesuatu yang penting.
  5. Sesuai Beackground : Sebagai seorang lulusan dari fakultas tertentu dan jurusan tertentu membuat para pelamar kerja “terpaksa“ untuk melamar pada posisi tertentu. tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa para pelamar kerja akan melamar pada posisi nyeleneh alias tidak sesuai dengan backgroundnya. Alasan ini sebenarnya bergantung pada perusahaan yang dilamar. Apabila perusahaan tersebut terbuka untuk memberi kesempatan pada pelamar kerja yang tidak sesuai backgroundnya, makan itu adalah suatu kesempatan yang langka.

***

Dari semua alasan memilih bekerja di suatu perusahaan yang telah disebutkan, apa sajakah alasan yang kamu miliki untuk memilih bekerja di suatu perusahaan?

One thought on “Diantara 2 Pilihan

  1. alasan saya memilih suatu pekerjaan yang paling utama adalah lingkungan kerja yang asyik dan sesuai dengan idealisme saya (contohnya harus mudah mencari tempat ibadah), baru kemudian soal gaji dan lokasi kantor…mau di perusahaan besar atau tidak bukan masalah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s