Interview Dengan Senior Editor

Kecintaan saya terhadap dunia tulis menulis juga jurnalistik membuat saya memberanikan diri apply ke media

Betul, meskipun saya seorang lulusan Fakultas Tehnik, tetapi kecintaan saya terhadap dunia tulis menulis juga jurnalistik membuat saya memberanikan diri apply ke media. Tak tanggung-tanggung, saya apply di banyak media besar.

Sudah berkali-kali saya menghadapi interview dengan HRD tetapi memang baru kali ini saya menghadapi interview dengan Senior Editor. Entah mengapa, aura mereka sangat berbeda.

Dibandingakan dengan Direktur dari perusahaan yang bergerak di bidang Tehnik pun, kharisma bahkan tekanan yang mereka berikan sangat berbeda. Penuh judgement, koreksi, benar-benar mendalam, penuh selidik layaknya seorang detektif.

Mereka berkata bahwa saya salah kamar. Tidak seharusnya saya berada disini. Mereka juga mempertanyakan keberadaan saya disini, Mengapa? Kenapa? Alasanmu apa?

Mereka merasa bahwa saya kurang percaya diri dan mennyia-nyiakan investasi mahal yang dikeluarkan oleh orang tua saya. Oh. Jadi ini masalah Universitas. Lagi-lagi masalah Universitas.

Pak, Bu, kalau memang saya menyukai dunia ini, mengapa saya tidak boleh mencoba?

Saya mencoba melawan.

Memang seberapa besar kecintaanmu terhadap dunia ini?

Mereka memojokkan.

Saya heran. Bapak ini aneh.

Lho, kalau saya tidak cinta, untuk apa saya apply disini?

Jawab saya lantang meskipun hati terasa deg-degan tak karuan.

Sontak mereka semua tertawa.

Saya mendapat sinyal, sepertinya ini yang mereka tunggu. Pernyataan saya ini. Memang sejak tadi tidak tertangkap ya, rasa cinta saya terhadap dunia ini?

Oke, baiklah. Sekarang kalian tahu, Pak, Bu.

Lalu, mereka menjelaskan bahwa dunia ini tidaklah mudah. Tidak bisa hanya bermodal suka saja. Kita harus siap mental, kuat menghadapi deadline, terlebih kita harus siap miskin. Dunia ini bukan tempat untuk mencari uang.

Setelah itu mereka bertanya, “Apakah kamu siap?“

Leave a Reply

