Banci Seminar

Thank you, Mentors!🙂

Pernah ada istilah BaLeng atau Banci Kaleng untuk menyebut orang yang senang sekali foto-foto diri sendiri. Saya pernah baca juga istilah Banci Duet yaitu para penyanyi yang suka banget duet, entah menumpang tenar atau aji mumpung.

Nah, beda lagi dengan saya, si Banci Seminar.

Sejak semester 8 kuliah yang merupakan semester akhir yang sama dengan semester skripsi, saya mulai sering mengikuti banyak seminar. Begitu lulus, saya berubah. Saya sering BANGET mengikuti banyak seminar :p

Sebagian besar seminar yang saya ikuti bertemakan motivasi, menulis dan entrepreneurship. Sekali waktu saya juga pernah mengikuti seminar tentang renewable energy karena foto saya lolos 50 besar Pameran Fotografi yang beriringan dengan seminar tersebut.

Saking seringnya mengikuti seminar, adik saya memanggil saya “Anak Seminar“. Awalnya sih saya santai saja dipanggil begitu tapi lama kelamaan kesal juga, Terlebih saat adik saya mulai menambahkan beberapa kata lainnya.

“Anak Seminar, jangan ikutan seminar melulu. Cari kerja sana!”

Grmbl. Grmbl. Grmbl. Kesel banget! Saya mencoba untuk menenangkan diri dan sabar. Dia tidak tahu bahwa saya sedang berinvestasi yaitu investasi ilmu.

Mengikuti banyak seminar membuka banyak pemikiran baru bagi saya. Saya merasa lebih berani untuk bertindak dan berusaha untuk menjalani hidup semaksimal mungkin. Narasumber yang menyenangkan dengan kisah inspiratif mereka menuntun saya untuk “keluar dari kotak“. Inilah yang tidak saya dapatkan saat sekolah ataupun kuliah.

Akibat seminar pula, saya banyak bertemu dengan tokoh-tokoh inspiratif. Berikut saya sertakan foto saya bersama mereka🙂

bersama Andi F. Noya di Seminar Lentera Jiwa yang diadakan oleh Fakultas Hotel and Tourism dari Swiss German Univeristy

bersama Bunda Asma Nadia di Workshop Menulis Asma Nadia

bersama Mbak Ollie (Salsabeela)

bersama Muhammad Assad di berbagai kesempatan acara Notes From Qatar

dan… bersama mentor favorit saya, yang sangat menginspirasi dan merubah pandangan hidup saya, mas Billy Boen🙂

Sebenarnya saya juga sempat bertemu dengan banyak tokoh lain yang tidak kalah inspiratif tetapi tidak sempat untuk foto bersama. Terkadang, selain foto bersama, saya juga minta mereka menuliskan sedikit kata-kata pembangkit semangat untuk saya. Biar bisa saya baca setiap lagi stress sehingga saya semangat kembali. Mereka semua saya anggap sebagai mentor saya. Kenal ataupun hanya sok kenal, biarin aja, yang penting ilmunya saya dapat dan mereka pun tidak pernah bosan untuk membagi ilmu.

Thank you, Mentors!🙂

Leave a Reply

