Benteng Pertahanan

Ketika sukses telah menghampiri, semua orang pun akan merasa senang dan bangga!

Benteng adalah bangunan yang ditujukan untuk melindungi segala sesuatu yang ada didalamnya dari berbagai macam bentuk serangan. Pertahanan adalah cara yang digunakan untuk membuat menjadi tetap utuh, selamat dan lolos dari pertempuran. Lalu, mengapa ‘benteng pertahanan’?

Benteng pertahanan adalah kiasan yang saya berikan untuk menggambarkan segala sesuatu yang membuat kita tetap di tempat. Ada keinginan untuk maju tetapi tertahan. Entah karena apa atau siapa, keinginan untuk maju itu hangus begitu saja hanya karena satu, tertahan.

Banyak yang menyalahkan lingkungan sekitar yang tidak mendukung sehingga impiannya tertahan dan dia terpaksa melepasnya. Bahkan, tak sedikit pula yang menyalahkan orang lain atas kemalangan dirinya.

“Gara-gara ga boleh mama, gw ga jadi gabung usaha bareng teman-teman.. padahal itu impian gw” atau “Bokap bilang kalau jadi PNS itu asik, jadi gw ada disini sekarang.. padahal gw mau jadi business man..”

Kayaknya kenal ya sama dia? Siapa? Oh, itu kamu. Tenang aja, kamu ga sendiri. Banyak banget orang yang sibuk menyalahkan dunia luar padahal masalah terbesar adalah dirinya sendiri.

Ya betul, benteng pertahanan terkuat adalah diri kita sendiri. Diawali dari rasa takut, lanjut menjadi tidak percaya diri kemudian akut menjadi penurut. Kita dibutakan oleh logika-logika pertahanan diri yang membuat kita tidak bisa maju.

Kesuksesan itu mungkin tidak diawali dengan indah tetapi hanya orang yang berani mendobrak benteng pertahanan diri mereka sendiri dan melawan sekuat tenaga-lah yang akan menang.

Hidup ini kita sendiri yang menjalani dan merasakan. Benteng pertahanan ini kita sendiri yang membuat dan memiliki kuncinya. Maju dan berjuanglah menggapai semua yang kita cita-citakan. Orang lain tak perlu tahu seberapa keras usaha kita. Biarkan mereka berkomentar. Nanti ketika sukses telah menghampiri, semua orang pun akan merasa senang dan bangga!

Jadi, benteng pertahananmu, apakah siap untuk kamu buka?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s