Penghasilan Sendiri

Penghasilan sendiri juga bisa didapatkan dengan berkarya

Saya baru saja membaca salah satu tulisan Mas Billy Boen dan di dalamnya ada cerita seperti ini:

My Dad pernah cerita ke saya soal seorang Milyuner yang tajir melintir dari Amerika, namanya Rockefeller. Suatu hari si Rockefeller Sr. (si Bapak) datang ke hotel dan ketika turun dari mobil, dia mengangkat tasnya sendiri. Ketika si bell boy mau bantu angkat tasnya, si Rockefeller bilang, “It’s Okay.“  Si bell boy bingung dan bilang, “Sir, biasanya Mr. Rockefeller Jr. selalu saya angkatin kok tasnya.“  Tahu apa yang Rockefeller Sr. bilang? Dia bilang, “ Iya, ngga apa-apa. He has a rich Dad. I don’t.”

Membaca cerita tersebut membuat saya langsung senyum-senyum sendiri. Maknyoos banget ini cerita. Secara otomatis saya langsung melihat cerita tersebut dari sudut pandang lain. Bila Mas Billy Boen melihatnya dari sisi humble seorang Milyuner, saya melihatnya dari sisi, tentu saja, pengangguran.

Pasti banyak banget dari kalian wahai para pengangguran yang saat interview bercerita (bahkan mungkin sampai curhat colongan) kalau saat ini sedang giat dan semangat untuk mencari kerja dan nantinya bekerja karena untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Nantinya, lewat penghasilan sendiri tersebut ada harapan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri bahkan mungkin membantu meringankan beban orang tua juga keluarga. Simplenya, ga perlu minta duit ke ortu lagi.

Kok kayaknya saya ngerti banget, ya? Ya iyalah… Soalnya saya sering menjawab seperti itu dan memang itulah keinginan yang saya miliki saat ini.

Tapi, sadar ga sih kalau sebenarnya keinginan kita bekerja itu bukan untuk peningkatan kualitas diri, menambah teman atau bahkan memperluas networking tetapi… mencari uang?

Kalau memang keinginan kita dalam mencari kerja dan nantinya bekerja “hanya” untuk mendapatkan uang, memenuhi kebutuhan hidup sendiri dan meringankan beban orang tua, buat apa kita susah-susah cari kerja?

Begini lho maksudnya, jadi tujuan kita cari dan nantinya bekerja itu hanya sebatas untuk mendapatkan uang, membuat segala usaha dalam banting tulang cari kerja terkesan sia-sia. Sampai merasa stress dan frustasi karena ga dapet-dapet kerja, membuat kita terpaku dalam mindset, “Gw ga punya penghasilan sendiri..”

Padahal, penghasilan sendiri itu alias uang bisa didapatkan selain dengan bekerja. Maksudnya bekerja disini jadi karyawan gitu, yaa…

Serius, nih?

Iya dong, serius. Penghasilan sendiri juga bisa didapatkan dengan berkarya.

Saat masa pengangguran yang terasa berat karena pertanyaan dari semua orang, tekanan dari berbagai pihak dan keinginan besar untuk punya penghasilan sendiri dapat dioptimalkan untuk berkarya, saya yakin hasil yang didapat pun tidak akan terduga.

Jadi, kesannya “Sekali Dayung, 2 Sampai 3 Pulau Terlampaui“.

Masa pengangguran, jangan membuat diri menjadi down dan seakan-akan tidak mampu melakukan apapun selain apply sana-sini. Coba deh berkarya sebentar saja. Kalau memberikan hasil yang baik, pasti rasa senangnya luar biasa. Bila berkarya bisa diteruskan, apply sana-sini bukan menjadi prioritas, keinginan bekerja menjadi karyawan pun seakan-akan hilang dan yang pasti pundi-pundi uang pun akan datang.

Akhirnya, ada penghasilan sendiri, kan?🙂

Diri sendiri senang, orang tua dan keluarga juga bahagia dan bangga.

4 thoughts on “Penghasilan Sendiri

    • I’m really glad to hear that! sama seperti aku sekarang, maunya punya usaha sendiri (dan ternyata memang passion nya punya usaha sendiri) dan mencoba untuk selalu rajin menulis. Semoga kita bisa lebih berkarya lagi😀

  1. yep, bener tu mbak, di saat menganggur kt bs brkarya ssuai dgn passion kt, tp realita d masyarakat tdak demikian, paradigma yg ad d masyarakat adalah kuliah utk bekerja, hal ini yg sangat disayangkan dan sulit diubah krn mnyangkut pola pikir seseorang, bahkan ortu skalipun bs kontra dgn kt, hal ini yg mnjadi beban tak kasat mata..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s