Cari Kerja? Wirausaha Saja!

Apapun yang dilakukan, apapun jenis usahanya, tidak akan terlihat hasilnya bila tidak dimulai

Sesuai dengan tagline pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran terutama pengangguran terdidik, saya akan mencoba untuk memberikan beberapa tips bagi sang wirausaha pemula. Beberapa tips ini adalah hasil dari berbagai seminar bertema Enterpreneurship yang saya ikuti juga artikel yang saya baca.

Meskipun saya belum menjadi seorang yang sukses sebagai Entrepreneur, jangan jadikan hal tersebut halangan untuk melakukan dan mempraktekkan beberapa tips yang saya berikan ini. Saya mendapatkan ilmu untuk merangkai beberapa tips ini dari orang-orang yang terpercaya dan sudah terbukti kesuksesannya. Jadi, jangan ragu untuk dicoba dan dipraktekkan, ya..

1. Do Your Passion

Sebagai seorang wirausaha pemula, sangat baik untuk memulai usaha dalam hal yang disukai bukan hanya hal yang mendatangkan keuntungan besar. Jika kita melakukan hal yang disukai atau passion, maka segala halangan yang menghadang pun akan dihadapi dan segalanya terasa lebih mudah. Usaha pun dijalani dengan rasa enjoy dan keuntungan besar dapat datang dengan sendirinya.

2. Bermimpilah!

Bermimpilah sebesar-besarnya dan setinggi-tingginya akan usaha yang ingin dimiliki. Jangan takut untuk gagal, memulai saja belum kan? Bayangkan setiap proses yang akan dijalani dan betapa menyenangkannya proses tersebut karena melakukan hal yang disukai. Bayangkan pula rasa sukses yang nantinya akan diraih.

3. Tulis Rencana Usaha

Ibunda saya sering berkata, “Setajam-tajamnya otak, lebih tajam pensil yang tumpul.“ Maksudnya, adalah ide apapun yang berkelebat di otak kita baiknya segera ditulis sebelum mereka pergi entah kemana. Mulai dari ide dasar lalu dikembangkan menjadi spesifikasi produk hingga perkiraan modal awal.

Perjelas tujuan dari usaha yang akan dibangun. Jangan karena berasal dari mimpi sehingga membuat kita lalai untuk memperhatikan hal penting dalam dunia usaha. Buat bagan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat) dalam rencana usaha.

Meskipun Shakespare berkata, “Apalah arti sebuah nama“, sesungguhnya nama adalah segalanya. Nama usaha yang diberikan adalah awal dari brand. Meski sederhana, pemberian nama yang unik dapat mendatangkan banyak perhatian dari masyarakat (brand awareness) terutama target konsumen.

4. Cari Partner

Kalau memang tidak sanggup untuk memulai usaha sendiri, carilah partner yang memiliki visi sama dan ajaklah dia untuk memulai usaha bersama. Memang rasanya sulit untuk menemukan partner yang tepat tetapi jangan jadikan hal tersebut alasan untuk putus asa dan tidak jadi memulai usaha.

5. Buat Rekening Khusus Untuk Usaha

Jangan mencampurkan rekening pribadi dengan rekening usaha. Bukalah rekening baru untuk mempermudah arus keuangan yang dimiliki oleh usaha. Catatan keuangan yang rapih dapat memudahkan kita untuk menentukan tingkat keuntungan hingga rencana yang harus diambil ke depan.

6. Promosi

Jangan ragu terlebih malu untuk promosi. Mulailah dari lingkup terdekat terlebih dahulu seperti keluarga, saudara, tetangga, teman dekat, hingga nantinya target konsumen. Di era teknologi saat ini, maksimalkan segala daya yang ada. Terlebih promosi melalu internet dan jejaring sosial terbukti sebagai promosi yang paling efektif juga efisien.

7. Manjakan Konsumen

Sebagai seorang wirausaha pemula, adanya konsumen adalah awal yang sangat menjanjikan. Oleh karena itu, usahakan semaksimal mungkin untuk dapat memuaskan konsumen, jangan sampai mengecewakan. Pelayanan dan produk yang optimal dapat memberikan pengaruh positif bagi usaha ke depan. Konsumen dapat memberikan informasi kepuasan mereka akan pelayanan dan produk usaha ke calon konsumen kita lainnya.

***

Apapun yang dilakukan, apapun jenis usahanya, tidak akan terlihat hasilnya bila tidak dimulai. Jadi, sukseskan segala rencana usaha dan jadilah seorang wirausaha muda yang tidak terpaku dalam mindset mencari kerja, terbebas dari label pengangguran dan menjadi sukses karena melakukan yang disukai. Good Luck! 🙂

2 thoughts on “Cari Kerja? Wirausaha Saja!

  1. Maaf Bang/Agan/Mas numpang share ya, Bagi Pemula yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa modal silakan masuk ke :
    http://cashforvisits.com/?refcode=334872 hanya dengan klik NEW REGISTER dengan masukkan username dan email serta data pribadi sesuai KTP kamu maka kamu sudah dapat $25 sebagai bonus setara Rp 275.000,- dan bisa dicairkan melaui Western Union di seluruh kantor pos seluruh Indonesia jika nilai uang kamu sudah mencapai $300, gampangkan coba aja mas/bang … gak rugi kok… karna tidak ada modal…alias benar-benar gratis.

Leave a comment