Mood Changemaker

Maukah kita berubah? Jika ternyata tidak,

semua jurus akan menjadi sia-sia

Sebagai seorang Gemini si Moody-Girl, mood benar-benar sangat mudah untuk berubah. Dulu, saya selalu mengikuti kemana mood membawa saya. Jika tiba-tiba saya sedih, maka saya akan benar-benar sedih. Jika senang, maka akan sangaaatt senang. Anehnya, semua itu dapat berubah dalam waktu yang sangat singkat. Sekejap saja.

Pengalaman hidup menuntun saya untuk dapat mengendalikan mood. Capek dong kalau kita harus mengikuti mood terus, ya kan?

Apalagi masa pengangguran kayak begini, yaa… rasanya semua salah, deh. Serba sensitif. Males ketemu banyak orang karena pasti ditanya, “Kerja dimana?“. Belum lagi kalau janjian ketemua dengan teman-teman yang sudah bekerja, makan hati banget.

Nah, di bawah ini ada beberapa jurus dari saya, seorang Gemini, yang berhasil saya terapkan untuk melewati Moody-Moment. Semoga saja beberapa jurus ini dapat diterapkan saat mood sedang berantakan karena stress, panik dan galau karena label pengangguran.

1. Menyendiri
Kalau kamu lagi mooodddyyyy banget, pengennya nangis atau marah melulu, mendingan menyendiri dulu, deh. Kurung diri di kamar, tenangkan diri, kalau perlu bobo dulu sampai puas. Ga asik kan klo kita berantem atau galau ga jelas di depan orang lain cuma gara-gara mood kita yang berantakan?
Orang lain ga perlu tau semua yang kita rasakan. Jaga image sedikit lah, malu juga kan kalau nangis atau ngamuk di depan gebetan :p

2. Menyibukkan diri
Yahh kalau sendirian bikin mood kamu mellow galauw marsmallow, mendingan rame-rame aja deh. Gabung diskusi, ngobrol santai atau ngegossip sama teman-teman bakal bikin mood ga jelas kamu itu pergi. Begitu selesai, pasti kamu akan merasa aneh, “kok tadi gue sedih-sedih gitu kenapa ya? Padahal gue happy banget kok”
Sibuk membuat kita lupa dengan kesedihan. Sibuk juga akan meningkatkan semangat kita bila kita sedang senang.

3. Nonton film sambil makan snack
Wahhh ini benar-benar jurus paling manjur deh kalau lagi moody banget. Mood naik turun ga jelas, tetapi cuma berkisar antara depresi dan galau. Ngumpul-ngumpul sama temen juga udah ga ngaruh, tidur juga udah kebanyakan. Nah, yaudah deh, obat kamu cuma nonton film sambil makan snack. Biasanya sih pilihan snack itu bisa chips, ice cream atau makanan berat seperti pizza atau spaghetti, apapun yang sesuai keinginanmu.

Eits, jangan nonton film yang sembarangan, yaa.. Tonton film yang bisa membangkitkan semangat kamu. Boleh bertema kemanusiaan, kehidupan sehari-hari, pengembangan diri ataupun tentang tokoh terkenal yang inspiratif. Jangan merasa bahwa film dengan tema tersebut terasa berat dan tidak sesuai dengan keadaan mood kita yang berantakan. Sebenarnya film dengan tema membangun jiwa pun banyak terselip di film box office Hollywood. Asal jeli mencari dan menelaah, pasti akan ketemu film yang luar biasa inspiratif dan membuat kita penuh rasa syukur.

Bisa juga kok nonton film yang menghibur, ga ada yang melarang. Hal yang terpenting adalah film tersebut bisa membuat kamu merasa terhibur sehingga mood kamu membaik dan semangat kamu kembali lagi.

4. Dengarkan musik, nyanyi atau karaoke
Teriak itu adalah salah satu pelampiasan kekesalan atau kesedihan. Tapi, hari gini, mau teriak-teriak dimana..? Lebih baik lampiaskan hasrat teriakmu ke nyanyi di kamar atau karaoke. Diawali dengan memilih lagu-lagu yang tepat, dengarkan dengan seksama, hayati lalu nyanyikan! Dalam sekejap hilang sudah semua mood tidak menyenangkan.

Pemilihan lagu sangat berpengaruh lho. Kalau memang kamu mau mengeluarkan semua emosi dan memperbaiki mood dengan menangis, pilih lagu-lagu mellow yang mendayu-dayu mengiris hati. Tetapi, kalau kamu udah capek sama mood galau, mau happy aja, pilih lagu pop dengan beat cepat atau kalau memang kamu mau, pilih lagu rock.

5. Ikhlas
Ini adalah jurus paling ampuh untuk menyingkirkan para mood menyebalkan. Ikhlas saja, semua pasti terlewati, semua pasti ada jalan keluarnya. Ga perlu lah kita terus berlarut-larut dalam satu masalah karena mood kita belum baik, padahal mungkin masalahnya sendiri sudah selesai. Mengapa hal itu terjadi? Karena kita belum ikhlas. Santai, tenang, rileks, pasti mood jelek akan berubah menjadi baik. Semangat terus!

***

Nah, itulah 5 jurus dari saya, seorang Gemini Moody-Girl dalam menghadapi dan melawan Moody-Moment. Intinya sih kembali ke diri kita sendiri. Kalau semua jurus sudah dilakukan tetapi moody tetap merajalela, pertanyaannya ada pada diri kita. Maukah kita berubah? Jika ternyata tidak, semua jurus akan menjadi sia-sia.

4 thoughts on “Mood Changemaker

  1. Googling eh nemu blog ini. Isinya menarik mbak. Postingan tentang moody ini juga menarik. Sy pisces girl juga moody-an. Tipsnya patut dipraktekin nih. Hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s