Let’s Study Abroad!

Ketika disebutkan rencana untuk sekolah di luar negeri, negara manakah yang akan kamu tuju? Negara di Eropa, Amerika, Afrika, Australia, atau yang dekat saja di seputar Asia?

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang memilih untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Berbagai faktor akan selalu ada dalam rangka memilih lokasi yang tepat. Selain faktor kualitas dari pendidikan negara yang dituju, terkadang ada faktor lain yang menjadikannya sebagai negara terpilih untuk melanjutkan pendidikan, seperti budaya, makanan, hingga film.

Saya akan berbagi beberapa manfaat, kendala, dan cara untuk melanjutkan penddikan di dua negara yang terkenal dengan teknologinya yang sangat maju, yaitu Jerman dan Jepang. Dua negara tersebut sangat mewakili dua benua yang menjadi lokasi mereka, yaitu Eropa dan Jepang. Kamu ingin melanjutkan pendidikan di Jerman atau Jepang? You must check this out!

JERMAN

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berada di Eropa bagian barat, Jerman terkenal dengan karakter negara yang sangat maju dengan teknologi termutakhir. Walaupun memiliki sejarah yang kelam, hal itu tak mengurangi karakter negara Jerman yang penuh dengan pendidikan dan profesionalitas. Kurang lebih ada 300 institusi pendidikan di negara yang sempat terbagi dua ini. Hal tersebut memberikan banyak sekali lulusan yang berintegritas dan tersebar di seluruh dunia. Keadaan ini menyebabkan bahasa Jerman mulai menjadi bahasa wajib di dunia profesional, agar daya komunikasi semakin baik dan pemahaman semakin lancar.

Institusi pun tak jarang untuk membuka kelas internasional untuk menfasilitasi pelajar dari seluruh dunia. Baik jenjang S1, S2, ataupun S3 akan membuka kesempatan bagi kelas internasional. Namun, pembelajaran bahasa Jerman tetap harus menjadi fokus utama jika ingin melanjutkan pendidikan di negara ini. Walaupun menghargai perbedaan dan memiliki sikap toleransi yang tinggi, masyarakat Jerman sangat mencintai negara mereka sehingga lebih suka menggunakan bahasa ibu. Selalu berusaha untuk menggunakan bahasa Jerman, sebisa mungkin walaupun sangat minimal. Masyarakat Jerman yang ramah dan baik akan menghargai usaha kerasmu🙂

Hampir seluruh universitas di Jerman dibiayai oleh negara. Pelajar di Jerman dapat fokus melanjutkan pendidikan tanpa perlu mengkhawatirkan biaya. Jika memang harus mengeluarkan biaya pendidikan, akan tetap lebih rendah dibanding dengan biaya di negara Eropa barat lainnya. Seperti negara favorit pelajar lainnya, Jerman pun memiliki berbagai jalur untuk pendidikannya. Baik dengan biaya sendiri ataupun scholarship,masing-masing memiliki berbagai kelebihan juga kekurangan. Informasi mengenai pendidikan di Jerman dapat kamu dapatkan di beberapa website berikut :

Inilah TOP 5 Universitas Terbaik di Jerman :

  1. Freie Universität Berlin
  2. Ludwig Maximilians Universität München
  3. Humboldt Universität zu Berlin
  4. Universität Münster
  5. Universität Regensburg

JEPANG

tokyo-tower-nite big

Jepang adalah salah satu negara paling maju di Asia dalam hal pendidikan. Universitas terbaik di Asia pun ada di Jepang, yaitu Tokyo University yang juga dikenal dengan Todai. Banyak alasan yang melatarbelakangi seorang pelajar ingin melanjutkan pendidikan di Jepang, seperti kebudayaannya yang terkenal, teknologi yang sangat maju, berbagai anime ataupun dorama yang unik, pilihan manga yang menarik, dan banyak lagi. Terkadang mungkin alasan yang diungkapkan terkesan berlebihan bahkan aneh, namun berbagai alasan itu memberikan semangat yang luar biasa bagi mereka untuk terus berjuang meraih cita-cita.

Hampir mirip dengan keadaan jika bersekolah di Jerman, bahasa Jepang pun menjadi suatu keharusan jika melanjutkan pendidikan di negara ini. Pembelajaran bahasa Jepang akan jauh lebih keras dari bahasa Jerman, karena adanya banyak jenis penuturan, seperti hiragana, katakana, dan kanji. Adakah cara untuk belajar bahasa Jepang dengan lebih mudah? Selalu semangat dan jangan mudah menyerah, itulah kuncinya🙂

Beasiswa Monbukagakusho adalah salah satu beasiswa favorit jika ingin melanjutkan pendidikan di Jepang. Pendaftaran beasiswa ini biasanya akan dibuka pada bulan April. Selain melalui jalur beasiswa, tentunya pendidikan dapat dilanjutkan dengan biaya sendiri. Biasanya, melanjutkan pendidikan dengan biaya sendiri akan lebih memudahkan untuk memilih universitas, jurusan, bahkan lokasi tempat tinggal. Informasi mengenai pendidikan di Jepang dapat kamu dapatkan di beberapa website berikut :

Inilah TOP 5 Universitas Terbaik di Jepang :

  1. Tokyo University (Todai)
  2. Kyoto University (Kyodai)
  3. Keio Univeristy and Waseda Univeristy
  4. Osaka University dan Hokkaido University
  5. Tokyo Institute of Technology

***

Makin semangat untuk melanjutkan pendidikan di Jerman dan Jepang? Pastinya! Selalu bersemangat untuk mencari dan menggapai ilmu Allah SWT agar semakin kagum akan berbagai ciptaannya yang luar biasa. Let’s study abroad! 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s