Saat Passion Belum Menghasilkan

Saya sempat membaca salah satu tulisan Mas Billy Boen yang berjudul, “Bedanya Passion dan Hobby“. Mas Billy Boen berpendapat bahwa hobi itu hanyalah sesuatu yang kita senangi dan passion adalah suatu bidang yang kita tekuni. Hobi kita kerjakan mungkin hanya sesekali untuk refreshing, sedangkan passion is something we can’t live without. Contohnya,

Suka musik = hobi
Terjun ke industri musik (musisi, penyanyi, produser, dll) = passion

Lalu, bagaimana jika kita merasa sudah menemukan passion, menjalaninya setiap hari dengan sepenuh hati, namun masih hanya menghasilkan kepuasan hati dan belum menghasilkan secara finansial?

Jangan kira saya mengecilkan makna “kepuasan hati” ya, karena saya adalah seseorang yang sangat menikmati hasil yang didapat secara puas dengan hati. Finansial itu urusan selanjutnya.

Tapi, kita hidup di dunia nyata. Realita mengatakan bahwa sisi finansial harus menjadi sangat penting. Bisakah kepuasan hati memenuhi kebutuhan finansial kita? Sayangnya, tidak.

Oleh karena itu, yang perlu kita jalani saat passion belum menghasilkan secara finansial hanyalah satu, sabar. Klise tapi itulah caranya.

Ingat selalu bahwa saat kita mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati, hanya waktu saja yang akan menjawab kesuksesan kita. Pada akhirnya, passion pun memberikan hasil nyata. Hati puas, finansial aman, dan hidup nyaman.

Semoga kita semua dapat menjalani kehidupan seperti itu. Kehidupan yang selalu menjadi impian kita dan terus diusahakan setiap hari. Keep fighting, because you are stronger than you thought, braver than you feel and smarter than you know. YES WE CAN!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s