Sukses Tanpa Gelar

Artikel ini adalah tulisan yang dimuat di free magazine @Sarjanacoid. Tema yang diangkat adalah menumbuhkan semangat teman-teman lulusan SMK agar tidak berkecil hati, meskipun kemungkinan besar tidak dapat melanjutkan belajar ke jenjang Universitas.

——

Siapa bilang menjadi seorang Sarjana akan menjamin kesuksesan? Siapa pula yang menyebutkan kalau seorang Sarjana akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan?

Menjadi Sarjana memang kebanggaan tersendiri bagi yang berhasil mencapainya. Lalu, apakah benar, gelar Sarjana akan menjamin kesuksesan kita?

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dari total pengangguran di Indonesia yang berjumlah 7,17 juta orang, sebanyak 360 ribu orang adalah Sarjana yang menganggur. Angka ini dihitung sesuai dengan lulusan Universitas pada Februari 2013. Jumlah itu mewakili 5,04% keseluruhan pengangguran.

Masih merasa bahwa gelar Sarjana adalah penentu kesuksesan kita?

Pertanyaannya sekarang adalah, kita ingin mendapatkan gelar atau ingin sukses? Untuk mengukur makna sukses pun, harus dengan pemahaman yang sesuai. Misal, “Saya ingin sukses dan makna sukses saya adalah memiliki usaha sendiri.” atau “Saya ingin sukses dan makna sukses saya adalah menjadi seorang Sarjana, lalu mendapatkan pekerjaan yang baik.”

Pemahaman sukses akan berbeda bagi setiap orang. Jika ukuran sukses kita adalah mendapatkan gelar lalu bekerja, perjuangkan terus untuk bisa kuliah. Sedangkan, jika ukuran sukses kita adalah langsung bekerja tanpa kuliah, jangan jadi minder dan merasa bodoh. Pahami dengan baik makna sukses dan jalani dengan yakin.

Jika memang impian untuk kuliah harus tertunda akibat satu dan lain hal, mungkin itulah jalan yang terbaik bagi kita. Bisa jadi, dengan bekerja terlebih dahulu, mental kita akan semakin kuat. Nantinya, kita akan lebih fokus dan berjuang jika suatu saat mendapat kesempatan untuk bisa menimba ilmu di Universitas.

Pemahaman akan target sukses pun akan membantu untuk menjalani hari-hari. Jika bekerja adalah keharusan yang ada setelah lulus sekolah, namun target kesuksesan kita tetap kuliah, jalan itu akan tetap ada. Impian adalah apa yang akan kita jalani di masa depan. Jangan ragu akan hal itu🙂

Sukses adalah apa yang ada dalam hati dan pikiran kita. Sekolah, bekerja, kuliah, Universitas, gelar, ataupun Sarjana hanyalah pencapaian fisik semata. Jika nantinya kita berhasil menjadi seorang sukses, siapa yang peduli tentang deretan gelar yang ada? Mereka pasti bertanya, “Bagaimana caramu mencapai kesuksesan ini?” dan yakinlah menjawab, “Saya percaya suatu saat saya akan menjadi sukses.”

Adakah pertanyaan tentang gelar? Sepertinya, tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s